Sabtu, 12 Juli 2008

Kota Gorontalo | Gorontalo | Indonesia

Dear Bloggers,

Pariwisata 07 ingin selain memberikan info tentang Kota Gorontalo,juga akan memberikan info tentang peluang bisnis,Pariwisata,Sejarah,Jasa,Pendidikan,kebudayaan,kuliner dan banyak hal menarik lainnya tentang Kota Gorontalo,Ini adalah info yang Pariwisata 07 dapatkan dari http://kulinerkita.multiply.com/reviews/item/385,semoga berguna yah..

Gorontalo




Indonesia selalu kaya dengan keanekaragaman budaya, cita rasa dan potensi alam nusantara yang tersebar pada daerah masing-masing Provinsi. Gorontalo ternyata memiliki potensi yang demikian. Selain memang terletak di wilayah Sulawesi bagian utara, Gorontalo merupakan penghasil dan pengekspor tanaman jagung di Indonseia.

Hal ini diperkuat dengan dengan adanya penggunaan jagung sebagai makanan khas dari Gorontalo. Berbagai olahan dari jagung selalu disajikan, ada yang berupa kokole, balo binde, binde biluhuta dan lain sebagainya. Namun yang paling diunggulkan adalah binde biluhuta, yaitu makanan yang berasal dari jagung yang direbus dan kemudian diberikan bumbu parutan kelapa, daun bawang, daun kemangi, ebi, kecap, bawang goreng, jeruk nipis, dan cabe rawit yang sudah diulek hingga halus.

Kokole
Makanan ini terbagi atas dua jenis, yaitu jagung yang disiram dengan bumbu ebi dan jagung yang disiram dengan ikan cakalang. Harga perporsinya sekitar Rp. 7000,-. Banyak rumah makan yang menjual menu binde biluhuta, namun hanya Rumah Makan Ci kea yang pantas untuk direkomendasikan. Rumah makan ini berada di Jl. Tribrata, daerah Ipilo, Kota Timur, Gorontalo.

Sedangkan kokole adalah makanan yang terbuat dari bahan jagung muda yang telah ditumbuk dengan halus, kemudian dicampur dengan air santan, gula merah dan pada tahap akhir dikukus. Sangat nikmat sekali semua makanan yang ada di Gorontalo ini. Apalagi jika berasal dari jagung yang memang kadar protein yang cukup tinggi.

(rmb/mi)
© Media Indonesia


Nantikan info menarik lainnya tentang Kota Gorontalo yah,jika ada yang ingin menambahkan Pariwisata 07 akan sangat bangga sekali dengan semangat teman - teman dari kota Gorontalo serta seluruh masyarakat dari Provinsi Gorontalo, untuk membantu mengembangkan dan memperkenalkan Kota Gorontalo dengan segala keunikannya kepada masyarakat luas..happy surving..

Tidak ada komentar: