Sabtu, 12 Juli 2008

Kota Gorontalo | Gorontalo | Indonesia

Kota Gorontalo | Gorontalo | Indonesia

Dear Bloggers,

Pariwisata 07 ingin selain memberikan info tentang Kota Gorontalo,juga akan memberikan info tentang peluang bisnis,Pariwisata,Sejarah,Jasa,Pendidikan,kebudayaan dan banyak hal menarik lainnya tentang Kota Gorontalo,Ini adalah info yang Pariwisata 07 dapatkan dari http://bankdata.gorontaloprov.go.id,semoga berguna yah..

MAKAM PAHLAWAN NASIONAL Hi. NANI WARTABONE

Makam Pahlawan Nasional Hi. Nani Wartabone berlokasi di Desa Bube Kec. Suwawa. Makam ini dapat dijangkau hanya dengan waktu ± 10 menit dengan kendaraan. Disamping makam Pahlawan Nasional Hi. Nani Wartabone terdapat rumah peninggalan Alm. ang sekaligus berfungsi sebagai Museum Daerah yang didalamnya terdapat benda-benda sejarah termasuk alat/senjata pada saat perjuangan dan foto-foto dokumentasi yang mengandung nilai-nilai luhur sejarah perjuangan Bangsa dan khususnya perjuangan masyarakat Gorontalo yang dikenal dengan Hari Patriotik 23 Januari 1942.

MAKAM RAJA ATINGGOLA (WARUGA)

Terdapat di Desa Dunggala Kec. Tapa dengan jarak ± 12 Km dari pusat Kota Gorontalo dan dapat ditempuh dalam waktu ± 11 Menit. Makam ini merupakan peninggalan Raja Bulonggadu yang pernah menjadi Raja Atinggola dengan dinding makam yang berbentuk Waruga dengan panjang ± 3 m. Makam peninggalan Raja Atinggola asal Bolango mempunyai nilai Budaya dan seni nilai religius dan keramat.

TAMAN LAUT OLELE

Taman Laut Olele berada di Desa Oluhuta Kec. Kabila Bone, ± 20 Km dari pusat Kota Gorontalo dan dapat ditempuh dalam waktu ± 21 menit, dapat dijangkau dengan kendaraan darat maupun kendaraan laut. Disana terdapat Goa Jin dengan ikan-ikan hias, Biota Laut, Taman / Terumbu Karang yang indah.

OBYEK WISATA PANTAI

Obyek wisata pantai terdapat di Desa Uabanga dan Desa Kaidundu Kec. Bone Pantai ± 38 Km dari Kota Gorontalo. Dapat dicapai dengan kendaraan darat serta kendaraan laut dalam waktu ± 40 menit. Kondisi laut yang cukup bersih, pasir putih yang memanjang ± 3 Km dengan ombak kecil dangkal, kadang pada musim ombak dapat dilakukan Sky Air. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain menikmati panorama pantai, berperahu/lomba perahu, memancing dan berkemah.

PEMANDIAN AIR PANAS LOMBONGO

Pemandian air panas Lombongo berlokasi di Desa Lombongo Kec. Suwawa dalam kawasan Taman Nasional Nani Wartabone dan air terjun. Berada ± 16 Km dari pusat Kota Gorontalo, dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu ± menit. Kawasan yang mempunyai luas ± 32 ha ini terdapat kolam renang air panas, kolam renang air dingin, termasuk kolam renang anak-anak,aliran air sungai panorama alam pengunungan hutan/pepohonan yang lestari dan sejuk serta mempesona. Di lokasi ini para pengunjung dapat menikmati perbagai atraksi kesenian yang sering dilaksanakan di tempat ini. Tempat ini juga menarik untuk relaks dan melepaskan segala bentuk kelelahan saat sibuk bekerja.

OBYEK WISATA TIRTA DANAU PERINTIS

Danau Perintis terdapat di Desa Huluduotamo Kec. Suwawa ± 11 Km dari pusat kota Gorontalo dan dapat ditempuh ± 12 menit dengan kendaraan. Obyek wisata ini merupakan danau air tawar ± 6 Ha yang memiliki nilai sejarah dibuat olh Alm. Bapak Nani Wartabone saat untuk kepentingan pengairan sawah.. Air yang mengalir ke Danau Perintis berasal dari mata air pegunungan yaitu mata air Lulahu dan mata air Poso. Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu berperahu, memancing, renang dan rekreasi/perkemahan.

AIR TERJUN PERMAI TALUDAA

Air Terjun Permai Taludaa berlokasi di Desa Taludaa Kec. Bonepantai ± 65 Km dari pusat Kota Gorontalo. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Air terjun yang mempunyai ketinggian ± 42 m dan bentangan ± 15 m tersebut terdapat dalam kawasan hutan Agro Wisata seperti pohon Durian, Langsat, Nangka dan pepohonan yang rindang dengan air yang bersih dan jernih.

PANTAI INDAH LAHILOTE

Pantai Indah Lahilote merupakan objek wisata pantai yang terletak di Pantai Lahilote Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, kurang lebih 6 km dari pusat Kota Gorontalo. Di pantai ini terdapat sebuah batu berbentuk tapak kaki, yakni dimitoskan sebagai tapak kaki seorang pengembara muda Gorontalo yang bernama Lahilote. Kata ini berasal dari kata botu yang bererarti batu, liyodu berarti tapak kaki. Jadi, botu liyodu adalah batu berbentuk tapak kaki.

Nantikan info menarik lainnya tentang Kota Gorontalo yah,jika ada yang ingin menambahkan Pariwisata 07 akan sangat bangga sekali dengan semangat teman - teman dari kota Gorontalo serta seluruh masyarakat dari Provinsi Gorontalo, untuk membantu mengembangkan dan memperkenalkan Kota Gorontalo dengan segala keunikannya kepada masyarakat luas..happy surving..

1 komentar:

::abi:: mengatakan...

salam kenal,
saya mau tanya bagaimana cara mencapai desa olele (taman laut olele) dari kota gorontalo, beserta biayanya? terima kasih